Besok, BEI Luncurkan Indeks 17 Saham Syariah BUMN, Ini Daftarnya!

Saham Syariah

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana meluncurkan indeks baru saham syariah pada Kamis (29/4) besok. Indeks saham baru yang  diberi nama IDX-MES BUMN 17 itu berisikan  17 saham syariah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan afiliasinya.

"IDX-MES BUMN 17 merupakan hasil kolaborasi BEI dengan perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)," jelas BEI dalam pengumuman resminya.


Dengan hadirnya IDX-MES BUMN 17, berarti di BEI bakal ada empat indeks saham syariah. Di BEI saat ini terdapat tiga indeks saham syariah, yaitu Indeks Saham Syariah Indonesia/Indonesia Sharia Stock Index (ISSI), Jakarta Islamic Index 70 (JII70), dan Jakarta Islamic Index (JII).

ISSI adalah indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham di papan utama dan papan pengembangan yang dinyatakan sebagai saham syariah sesuai Daftar Efek Syariah (DES) yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sementara itu, JII70 merupakan indeks yang mengukur kinerja harga 70 saham syariah yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan likuiditas transaksi yang tinggi. Sedangkan JII yaitu indeks yang mengukur kinerja harga 30 saham syariah yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan likuiditas transaksi yang tinggi.

17 Emiten BUMN

Berdasarkan pengumuman BEI No. Peng-00101/BEI.POP/04-2021 tentang Peluncuran Indeks IDX-MES BUMN 17, IDX-MES BUMN 17 adalah indeks yang mengukur kinerja harga 17 saham syariah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan afiliasinya yang memiliki likuiditas baik, kapitalisasi pasar besar, serta didukung fundamental perusahaan yang kuat.

Penghitungan Indeks IDX-MES BUMN 17, menurut BEI, menggunakan metode hasil penyesuaian bobot kapitalisasi pasar berdasarkan saham beredar secara terbatas (capped free float adjusted market capitalization weighted).

"Pembatasan bobot saham paling tinggi ditetapkan sebesar 20% yang disesuaikan saat evaluasi," demikian BEI dalam pengumumannya.


Otoritas bursa menjelaskan, Indeks IDX-MES BUMN 17 telah dihitung sejak hari dasarnya pada 30 Desember 2015 dengan nilai dasar 100. Evaluasi terhadap indeks IDX-MES BUMN 17 terdiri atas evaluasi mayor dan evaluasi minor.

BEI mengemukakan, evaluasi mayor meliputi pemilihan konstituen dan penyesuaian bobot. Jadwal evaluasi ditetapkan pada Mei dan November, dengan masa efektif pada hari bursa pertama Juni dan Desember.

"Adapun evaluasi minor hanya mencakup penyesuaian bobot. Jadwal evaluasi ditetapkan pada Februari dan Agustus, dengan masa efektif hari bursa pertama Maret dan September," papar BEI.


BEI telah menetapkan konstituen awal dan menyesuaikan bobot saham-saham yang digunakan dalam penghitungan indeks IDX-MES BUMN 17 periode perdagangan 29 April 2021 hingga 31 Mei 2021.

Saham apa saja yang masuk? Berikut daftar lengkapnya:

No - Kode - Nama Saham

  1. ANTM - Aneka Tambang Tbk.
  2. BRIS - Bank Syariah Indonesia Tbk.
  3. ELSA - Elnusa Tbk.
  4. INAF - Indofarma Tbk.
  5. KAEF - Kimia Farma Tbk.
  6. PGAS - Perusahaan Gas Negara Tbk.
  7. PPRE - PP Presisi Tbk.
  8. PTBA - Bukit Asam Tbk.
  9. PTPP - PP (Persero) Tbk.
  10. SMBR - Semen Baturaja (Persero) Tbk.
  11. SMGR - Semen Indonesia (Persero) Tbk.
  12. TINS - Timah Tbk.
  13. TLKM - Telkom Indonesia (Persero) Tbk.
  14. WEGE - Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk.
  15. WIKA - Wijaya Karya (Persero) Tbk.
  16. WSBP - Waskita Beton Precast Tbk.
  17. WTON - Wijaya Karya Beton Tbk.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama